Mei 27, 2024
Peserta Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, foto-Istimewa

Peserta Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, foto-Istimewa

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah yang diadakan oleh LDNU Kabupaten Banjar pada Minggu (28/8) menarik banyak peminat dari kaum nadhliyin.

Ustadz Taufiq Rahman, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nadhlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Banjar mengatakan kegiatan ini akan diagendakan rutin setiap 3 bulan sekali.

“Kegiatan pelatihan ini diagendakan in sya Allah rutin setiap 3 bulan sekali, karena peminatnya yang handak (ingin,red) maumpati (ikut,red) pelatihan banyak banar, yang tadi ja gin hibak (penuh,red) dah ruangan gasan lakian aja, baluman lagi yang binian,” kata Ustadz Taufiq saat diwawancarai oleh Albanjari.com.

Dia mengungkapkan, sebenarnya banyak peserta yang ingin mendaftar. Karena kuotanya hanya 50 orang, akhirnya siapa yang lebih dulu mendaftar itulah yang mengikuti kegiatan.

Ustadz taufiq saat memberikan pelatihan di Mesjid UNU Kalsel
Ustadz taufiq saat memberikan pelatihan di Mesjid UNU Kalsel

“Banyak padahal peserta yang mendaftar, cuma siapa yang bedahulu mendaftar, 50 pendaftar tercepat yang kawa diumpatakan (diikutkan,red), dikarenakan tempat lawan awak (badan,red) kada (tidak,red) menyanggupi,” tuturnya.

Pengajar di Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru ini menjelaskan peserta perempuan dan laki-laki dipisah waktunya.

“Lakian lawan binian (perempuan,red) dipisah waktunya, kena (nanti,red) bila binian binian aja, kenanya pulang (nantinya lagi,red) lakian aja, jadi kada (tidak,red) bakalan tegabung, karena tempatnya jua yang kada (tidak,red) memadai menampung ratusan jamaah” beber Ustadz Taufiq.

Selain dari Kabupaten Banjar, peserta Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah juga ada yang berasal dari Banjarbaru dan Banjarmasin.

“Peserta kada harus yang dari Kabupaten Banjar aja, dari Banjarmasin, Banjarbaru kawa jua (bisa juga,red), yang tadi ja gin ada yang datang dari Banjarmasin,” ungkap Ustadz Taufiq.

Cuma, sambungnya, peserta dari Kabupaten Banjar akan dikumpulkan sesuai dengan domisilinya di setiap Kecamatan dan akan bergabung dengan LDNU Kabupaten Banjar.

Sebelumnya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar melalui tim dari Lembaga Dakwah Nadhlatul Ulama Kabupaten Banjar (LDNU) mengadakan kegiatan pelatihan penyelenggaran jenazah untuk menyiapkan tim penyelenggaraan jenazah yang profesional.

Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah yang digelar oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Banjar ini perdana diadakan, serta metode yang digunakan sedikit berbeda dari biasanya.

Metode yang dipakai adalah menampilkan materi melalui Powerpoint dengan layar LCD, serta materi dipaparkan oleh pembimbing yakni Ustadz Taufiqurrahman yang juga sebagai Wakil Ketua LDNU Banjar.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 peserta dari warga NU kultural dan struktural.

Ustadz Khalilurrahman, Panitia Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan para Pemandian Jenazah yang memang mengerti akan tugasnya.

” Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan para tim pemandian jenazah yang tidak asal-asalan dalam memandikan jenazah,” bebernya

Dosen IAI Darussalam itu juga mengatakan bahwa setelah pelatihan ini berakhir, maka akan dikumpulkan dalam suatu kelompok sebagaimana wilayah alamatnya berada guna memudahkan apabila ada yang memerlukan bantuan tersebut.

“Setelah acara ini, nanti akan dikumpulkan dalam kelompok sesuai domisilinya, agar nantinya memudahkan jika ada yang memerlukan bantuan,” ujarnya.

Ia juga berharap bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa bermanfaat sebagaimana ungkapan bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Selain memandikan mayit. Kedepannya, tim ini juga dipersiapkan untuk pasca memandikan. Seperti menggali kubur, mentalqin, mengaji baik muqaddam atau di kubur, hingga mentahlil dan lainnya.

Reporter : Anwar Syarif

Editor : Muhammad Abdillah

1 thought on “Peserta Pelatihan Membludak, Ustadz Taufiq: In Syaa Allah Kita Rutinkan 3 Bulan Sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *