Juli 20, 2024
Pembukaan Acara Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah LDNU,foto-Istimewa

Pembukaan Acara Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah LDNU,foto-Istimewa

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar melalui tim dari Lembaga Dakwah Nadhlatul Ulama Kabupaten Banjar (LDNU) mengadakan kegiatan pelatihan penyelenggaran jenazah untuk menyiapkan tim penyelenggaraan jenazah yang profesional.

Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah yang digelar oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Banjar ini perdana diadakan oleh LDNU Banjar, serta metode yang digunakan sedikit berbeda dari biasanya.

Metode yang dipakai adalah menampilkan materi melalui Powerpoint dengan layar LCD, serta materi dipaparkan oleh pembimbing yakni Ustadz Taufiqurrahman yang juga sebagai Wakil Ketua LDNU Banjar.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 peserta dari warga NU kultural dan struktural.

Ustadz Khalilurrahman, Panitia Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan para Pemandian Jenazah yang memang mengerti akan tugasnya.

” Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan para tim pemandian jenazah yang tidak asal-asalan dalam memandikan jenazah,” bebernya

Dosen IAI Darussalam itu juga mengatakan bahwa setelah pelatihan ini berakhir, maka akan dikumpulkan dalam suatu kelompok sebagaimana wilayah alamatnya berada guna memudahkan apabila ada yang memerlukan bantuan tersebut.

“Setelah acara ini, nanti akan dikumpulkan dalam kelompok sesuai domisilinya, agar nantinya memudahkan jika ada yang memerlukan bantuan,” ujarnya.

Peserta Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, foto-Istimewa
Peserta Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, foto-Istimewa

Ia juga berharap bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa bermanfaat sebagaimana ungkapan bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Selain memandikan mayit. Kedepannya, tim ini juga dipersiapkan untuk pasca memandikan. Seperti menggali kubur, mentalqin, mengaji baik muqaddam atau di kubur, hingga mentahlil dan lainnya.

Peserta menyimak pemaparan Ustadz Taufiq
Peserta menyimak pemaparan Ustadz Taufiq

Ketua PCNU Banjar, Ustadz Nuryadi Baseri mengharap agar para peserta kegiatan ini, selain mendapat bimbingan juga bisa bergabung dengan Nahdlatul Ulama secara struktural di Kecamatannya masing-masing.

Dalam kegiatan ini berhadir Ketua PCNU Kabupaten Banjar, Ustadz Nuryadi, Bendahara PCNU Banjar Ustadz Muhammad HR serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah ini berlangsung pada Minggu (28/8), bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar.

Reporter : Muhammad Anwar

Editor : Muhammad Abdillah

2 thoughts on “NU Banjar Siapkan Tim Penyelenggaraan Jenazah Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *