Juni 15, 2024

ALBANJARI.COM, ALUH-ALUH – Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Banjar, Habib Ali Husein Al Aydrus, memimpin kegiatan Istighosah dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1444 H pada Jumat (29/7/22) di Masjid Al Mujahidin, Desa Pemurus, Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar.

Kawasan masjid pun dipenuhi oleh jama’ah yang sangat antusias berhadir melaksanakan beberapa rangkaiaa acara yang dimulai dengan sholat maghrib berjamaah, kemudian sholat hajat berjama’ah, sholat tasbih, membaca Surah Yasin, Ratibul Haddad, Tahlil, dan dilanjutkan dengan sholat Isya.

Pada kesempatan itu, Habib Ali Husein Al Aydrus juga memberikan tausiyah dan mendoakan masyarakat Desa Pemurus dan sekitarnya selalu dalam keadaan sehat di tengah wabah korona.

“Saya doakan semuanya sehat. Mari kita berdoa bersama agar diberi kesehatan,” ujar Habib.

Dalam tausyiahnya, Habib Ali Husein Al Aydrus menjelaskan mengenai sejarah penetapan tahun hijriyah.

“Pada masa Khalifah Umar bin Khattab, beliau adalah orang pertama yang memiliki sistem administrasi.Ketika masa itu, surat laporan sudah ada memiliki tanggal dan bulan,tetapi tidak ada tahunnya,” ucap Habib Ali.

Ia menjelaskan, karena tidak ada pencatatan tahun, akhirnya administrasi ada kebingungan. Sehingga Khalifah Umar bin Khattab pun mengumpulkan para sahabat untuk merundingkan penetapan awal tahun.

“Ada sahabat yang mengusulkan awal tahun adalah ketika Rasulullah diutus menjadi Rasul, ada juga yang mengusulkan awal tahun adalah hari lahirnya Rasulullah,” jelas Ketua LDNU Banjar tersebut.

Kemudian, Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengusulkan penetapan awal tahun sebaiknya ketika awal Nabi berhijrah ke Kota Madinah Al Munawwaroh. Pendapat ini pun akhirnya diterima karena tidak terjadi perbedaan hitungan.

Setelah itu, Habib Ali Husein Al Aydrus mengingatkan tentang pentingnya menjaga dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk ilmu dan beribadah.

“Pergunakan sebaik-baiknya waktu muda sebelum tua, gunakan kekayaan sebelum datang  kemiskinan, gunakan kesehatan sebelum datang sakit, gunakanlah waktu ada kesempatan sebelum datang kesempitan, dan gunakanlah hidup sebelum datang kematian,” ujarnya.

"<yoastmark

Habib Ali Husein Al Aydrus pun berpesan agar anak-anak muda yang ada di Desa Pemurus, Kecamatan Aluh Aluh agar aktif dalam menghadiri kegiatan keagamaan terutama sholat berjamaah di masjid.

“ Saatnya para anak muda yang maju membantu kegiatan seperti ini,yang sudah tua cukup duduk-duduk aja lagi, hadirilah kegiatan  di mesjid, datangi acara maulid, pengajian, mumpung masih ada gurunya di tempat kita,” ucapnya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Al-Mujahidin yang juga merupakan Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Aluh-Aluh, Saberan mengucapkan selamat datang kepada Ketua LDNU Banjar tersebut.

Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi berkah tersendiri bagi warga Desa Pemurus dan sekitarnya.

“Kita doakan mudah-mudah para ulama, habaib, dipanjangkn umurnya, disehatkan badannya, dan diberikan rezeki yang berlimpah, semoga kegiatan kita malam ini membawa berkah dan rahmat untuk kita semua” pungkasnya.

Kontributor: Muhammad Fadillah

Editor : Muhammad Abdillah

1 thought on “Peringati Tahun Baru Hijriyah 1444, Masjid Al Mujahidin Aluh Aluh Gelar Istighosah Bersama Habib Ali Husein Al Aydrus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *