Mei 28, 2024

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Martapura bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banjar menyalurkan bantuan ke Yayasan Pendidikan Islamiah Tatah yang membawahi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Manba’ul Ulum, Desa Tambak Danau, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Ketua Basnaz Kabupaten Banjar, H. Muhammad Yusran Ya’qub mengatakan PMII berhasil menjembatani proses penyaluran bantuan kepada yayasan yang bergerak di bidang pendidikan tersebut.

“PMII berhasil menjembatani antar kepentingan Baznas Kabupaten Banjar yang memerlukan tempat guna penyaluran bantuan kepada yayasan yang bergerak di bidang pendidikan agama. Yang mana ini menjadi salah satu program kerja Baznas Kabupaten Banjar yaitu Banjar Taqwa,” ucap Yusran Ya’qub, Selasa (26/7/22).

“Hari ini juga, PMII Martapura dianggap berhasil karena pembangunan kemaslahatan Kabupaten Banjar yang merata dan terstruktur karena pembenahan pendidikan adalah salah satu dasar dari revolusi kemaslahatan Kab Banjar,” imbuhnya.

Kegiatan bakti sosial tersebut berlangsung pada pukul 09.00 hingga 11.00 WITA. Acara dimulai dengan beberapa sambutan, di antaranya ;  Ketua Baznas, H. Muhammad Yusran Ya’cub, Kepala Desa Tambak Danau, Abdul Madi, Kepala Sekolah sekaligus Pimpinan Yayasan Pendidikan Islamiah Tatah, KH. Abdul Muin. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis berupa  75 paket alat tulis, 75 tas, plafon, 3 papan tulis kepada Pimpinan Yayasan oleh Baznas Kabupaten Banjar bersama ketua Cabang PMII Martapura, Ahmad Naufal.

Kepala Desa Tambak Danau, Abdul Madi mengapresiasi kegiatan PMII Martapura tersebut. Ia mengatakan mahasiswa yang peka terhadap kondisi masyarakat berarti pendidikan di kampus sudah terlaksana secara matang.

PC PMII Martapura bersama siswa MI Mamba'ul Ulum
PC PMII Martapura bersama siswa MI Mamba’ul Ulum. Foto-Istimewa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Jadi mahasiswa yang baik itu, walaupun berangkat sekolah ke kota, tetapi akan kembali ke kampung juga. Peduli dengan kampung dan peka terhadap fasilitas serta kondisi masyarakat menandakan pendidikan di kampus sudah terlaksana secara matang,” ungkap Abdul Madi, dalam sambutannya.

”Hebatnya, salah satu pengurus PMII Martapura berhasil mencapai hal itu, menurut salah satu kader hal yang berupa implementasi keilmuan yang seharusnya didapat kebanyakan mahasiswa,” tambahnya.

Abdul Muin, Kepala Sekolah MI Mamba’ul Ulum juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada BAZNAS Kabupaten Banjar dan PMII Cabang Martapura telah membantu pembenahan fasilitas di MI Manba’ul Ulum.

“Jika mengharap dari uang SPP siswa, hal tersebut sangatlah dianggap nihil bisa terlaksana, karena SPP per bulan hanyalah 15 ribu rupiah, belum lagi siswa yatim dan dianggap tidak mampu SPP bisa digratiskan, sehingga untuk gaji tenaga ajar saja tidak mencukupi,” ucapnya.

Ketua PMII Martapura, Ahmad Naufal mengatakan tujuan kegiatan ini yaitu peremajaan kembali terhadap kader PMII, karena intensitas gerakan harus luwes dan jelas.

“Jelas utama (kegiatan ini,red) bermanfaat untuk masyarakat. Senang rasanya kami disambut oleh para guru dan masyarakat. Bagi saya, saat masyarakat tersenyum gembira, saya sudah merasa cukup bahagia sebagai kader PMII,” ucap Naufal.

Ketua Komisariat IAI Darussalam, Gt. M. Pangeran Insan Kamil Mq mengatakan sangat bersyukur karena bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena PMII telah melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Bersyukurnya, hari ini sumbangan zakat masyarakat Kabupaten Banjar yang dikelola oleh Baznas Banjar berhasil dipercayakan kepada PMII untuk penyalurannya. Dan didasari hal itu, hari ini PMII telah melaksanakan salah satu tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ucap mahasiswa IAI Darussalam tersebut.

Kegiatan tersebut ditutup dengan sosialisasi bersama warga sekitar,sekaligus pembagian atribut sekolah.

Kontributor: Anwar Syarif

1 thought on “PMII Martapura Bersama Baznas Salurkan Bantuan ke MI Manba’ul Ulum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *