Mei 28, 2024

Bupati Banjar Lepas Kirab Santri

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur melepas kirab santri di halaman Kantor Bupati Kabupaten Banjar, Sabtu (22/10) malam. Kirab santri ini diikuti oleh 11 grup; 8 dari pesantren, 3 dari organisasi.

H. Saidi Mansur dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi kirab santri yang diperingati pada malam hari ini.

“Pelepasan Kirab santri ini merupakan salah satu upaya positif menggali, menggugah dan menggelorakan semangat para santri dalam persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Dia berharap, peringatan hari santri menjadi sarana efektif untuk memacu semangat para santri dalam menggugah dan memotivasi warga banua untuk terus berkarya, berinovasi serta mewujudkan Kabupaten Banjar yang maju, mandiri, dan agamis.

“Semangat jiwa kemandirian dan terus berinovasi harus dipupuk sejak dini merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua khususnya para santri sebagai generasi menjadi pilar ketokohan penerus cita-cita bangsa,” ujar Bupati Banjar.

Kirab ini dilakukan, kata dia, untuk menghargai sejarah dan mengenang jasa para santri dan pejuang yang telah berkorban memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kemerdekaan kita ini bukan hadiah dari penjajah, namun buah dari pengorbanan para syuhada, para santri untuk bisa merebut kemerdekaan pada masanya,” katanya.

Demikian pula para ulama, sambungnya, para rakyat bahu membahu bersama santri membela negara.

“Mudah-mudahan melalui kirab ini kita napak tilas perjuangan para ulama dan meneladaninya,” tuturnya.

Bupati Banjar dalam sambutannya berpesan agar para santri menjaga agamanya sendiri dan juga kita berpedoman dengan nilai-nilai yang sudah diajarkan oleh guru-guru.

“Yaitu berakhlakul karimah, seperti baginda Nabi Muhammad SAW,” pesannya.

Pada kesempatan itu, dia mengucapkan selamat memperingati hari santri kepada para santri yang hadir pada acara Kirab Santri kali ini.

“Selamat hari santri nasional tahun 2022 ‘berdaya menjaga martabat kemanusiaan’, kita bersyukur ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga pada malam hari ini kita bisa hadir dalam acara Kirab Santri dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022,” pungkasnya.

Reporter: Rohmiah
Editor: Muhammad Bulkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *