Mei 26, 2024

Haris Ifandi, Dinas Kebudayaan Kabupaten Banjar,foto/rohmiah

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Wisata Kabupaten Banjar mengapresiasi peran Santri dalam mengokohkan pilar NKRI dan perjuangan yang sudah ditunjukkan mulai sebelum kemerdekaan.

Apresiasi tersebut disampaikan Haris Ifandi dalam sambutannya pada Pembukaan Hari Santri di Ruangan Hijau Terbuka (RTH) alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Sabtu (22/10).

Dalam sambutannya Haris mengingatkan bahwa santri dalam mengukuhkan pilar NKRI sudah sejak jaman perjuangan perebutan kemerdekaan. Hingga kini, kata dia, santri masih aktif mengisi kemerdekaan.

“Dengan peringatan hari santri ini akan meningkatkan peran serta santri dalam mengukuhkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 yang sudah ditunjukkan sebelum jaman kemerdekaan, jaman perjuangan perebutan kemerdekaan hingga sekarang dalam mengisi kemerdekaan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, peringatan Hari Santri ini selalu didukung oleh pemerintah daerah. Lebih dari itu, peringatan Hari Santri menjadi syiar agama sekaligus menjadi forum silaturahmi antara ulama dan umara untuk bersama-sama mewujudkan kemaslahatan umat.

“Peringatan hari santri ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah, terutama perhatian bapak bupati untuk turut mengundang syiar agama Islam sekaligus sebagai perwujudan hubungan yang harmonis antara ulama dan umara menuju kepada kemaslahatan umat dan cita-cita negri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” jelasnya.

Haris mengapresiasi kerjasama antara pemerintah daerah dan PCNU Banjar sebagai wujud keharmonisan antara Ulama dan Umara.

“Salah satu diwujudkan dalam bentuk kerja sama antara Pemerintah daerah dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Dia juga mengharapkan hubungan baik yang sudah terbina ini bisa terus erat dan terjalin selamanya.

“Tentunya, kerjasama dan hubungan baik yang telah terbina antara Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Nahdlatul Ulama dapat terus terjalin di masa yang akan datang,” terangnya.

Di samping itu, ia sangat berterima kasih kepada segenap panitia dan yang ikut berpartisipasi pada peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan peringatan hari santri ini,” tutupnya.

Reporter: Anwar Syarif
Editor: Muhammad Bulkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *