Juli 20, 2024
pasar modal syariah

ALBANJARI.COM, GAMBUT – Universitas Nahldatul Ulama Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dan PT Indopremier Sekuritas mengadakan sekolah pasar modal syariah untuk para mahasiswa.

Kegiatan sekolah pasar modal syariah ini terdiri dari dua tahap atau Level, yakni level satu pembahasan dasar-dasar pasar modal dan level dua pembahasan lebih mendalam terkait pembukaan rekening, aplikasi untuk transaksi, analisis teknikal dan fundamental, seperti dasar-dasar berinvestasi mengapa harus berinvestasi, cara menjadi investor mekanisme transaksi jual beli saham hingga pembahasan lebih mendalam bagaimana memilih investasi yang aman, baik dan benar.

Alwani, ketua pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana sebagai implementasi kerjasama tiga pihak antara Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan dengan Bursa Efek Indonesia dan PT Indopremier Sekuritas yang terjalin sejak tahun 2019.

“Ini adalah kegiatan tatap muka pertama sejak pandemi Covid-19 melanda, sebelumnya dilaksanakan secara online,” ungkap mahasiswa smester 4 tersebut.

Pembina Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan, Luthfia Ayu Karina menyambut baik kegiatan tersebut.

“Semoga dengan mengikuti sekolah ini, mahasiswa ke depan bisa mandiri sejak dini, dimulai dengan mengenal berbagai instrumen investasi di pasar modal syariah, merencanakan, hingga dapat aktif berinvestasi langsung,” ucapnya.

Sementara itu, seorang peserta sekolah tersebut, Dwi Hidayatul Putri mengaku beruntung mengikuti sekolah tersebut. Dia mendapatkan edukasi terkait investasi, baik saham, reksadana maupun yang lainnya, yang berhubungan dengan pasar modal.

“Pemaparan materi dan metode pembelajaran mudah di pahami dan cukup jelas, awalnya masih awam dan tidak mengerti, sekarang sudah ada gambarannya seperti apa,” jelas Dwi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (08/07/22) di Aula Utama Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UNUKASE Dr. Nadzmi Akbar, M.Pd.I, Ketua Program Studi Akuntansi Setiafitrie Yuniarti, S.H., M.S.Ak., Pembina KSPM Luthfia Ayu Karina, M.E.K, Panitia dari UKM Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UNUKASE dan Peserta mahasiswa UNUKASE dari berbagai program studi dan angkatan.

Narasumber pada sekolah pasar modal syariah ini adalah, Feby Devina dari Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan dan Firda Yusliani dari PT. Indopremier Sekuritas.

Reporter: Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *