Mei 27, 2024

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira se-Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 kali di 3 lokasi yang berbeda.

Kepala Markas PMI Kabupaten Banjar, Muhammad Khairullah, mengatakan SMKN 1 Gambut merupakan tempat pertama pelaksanaan latihan gabungan ini dengan diikuti oleh 8 sekolah pada Sabtu (13/8/2022) kemarin.

“Sekolah yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Kecamatan Kertak Hanyar, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Beruntung Baru, Kecamatan Sungai Tabuk dan terakhir dari Kecamatan Gambut dengan total peserta sebanyak 140 orang,” ujarnya.

Kemudian, latihan gabungan kedua bertempat di SMKN 1 Simpang Empat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (20/8) dengan peserta sebanyak 127 perwakilan 5 sekolah dari Kecamatan Mataraman, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Sungai Pinang dan Kecamatan Astambul.

“Terakhir, pelaksanaan kegiatan latihan gabungan ini bertempat di SMAN 2 Martapura  pada tanggal 3 September 2022 dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 226 orang dari 12 sekolah 3 Kecamatan, yaitu  Martapura Kota, Martapura Barat dan Karang Intan,” jelas Khairullah.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan latihan gabungan ini terdiri dari Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Kesiapsiagaan Bencana, Donor Darah dan Pendidikan Remaja Sebaya dengan Fasilitator yang terdiri dari Staf Markas PMI Kabupaten Banjar, KSR PMI Unit Markas PMI Kabupaten Banjar dan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Markas PMI Kabupaten Banjar, Muhammad Khairullah.

“Latihan Gabungan ini merupakan rangkaian acara untuk menyambut HUT PMI ke-77 yang akan diperingati pada 17 September 2022 nanti serta sebagai pengamalan Tri Bakti Palang Merah Remaja Indonesia yang ketiga yakni mempererat persahabatan nasional dan internasional” ungkapnya.

Khairullah berharap setelah pelaksanaan latihan gabungan ini anggota PMR Wira Kabupaten Banjar bisa merealisasikan Tri Bakti yang ketiga, yaitu mempererat persahabatan nasional dan internasional, dapat menyampaikan materi dan mengedukasi anggota PMR maupun teman sebayanya yang belum berkesempatan mengikuti latihan gabungan ini untuk mengetahui dan memahami materi yang telah disampaikan oleh fasilitator.

Kontributor : Maulana Khalid

Editor : Muhammad Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *