Mei 27, 2024

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – H. Akhmad Rozanie Himawan, S.T, Anggota DPRD Kalimantan Selatan membeberkan definisi kepemimpinan yang baik pada acara Latihan Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh PC Muslimat NU Kabupaten Banjar pada Sabtu (3/9) bertempat di Aula Gedung PCNU Kabupaten Banjar.

Sebagai narasumber pada acara Latihan Kepemimpinan H. Akhmad Rozanie Himawan, S.T mengatakan kepemimpinan yang baik adalah seorang pemimpin yang memimpin dari hati.

“Artinya seorang pemimpin yang mempunyai niat yang baik,” katanya.

Diantaranya, sambungnya, ciri pemimpin yang baik itu ada empat yakni jujur, melakukan penyampaian yang baik, amanah dan fathanah (cerdas,red).

” Bisa menyampaikan dan melaksanakan,” jelasnya.

“Jadi, prinsip pemimpin yang baik adalah bisa memelihara yang baik,” imbuhnya.

Akhmad Rozanie Himawan juga menyampaikan sifat-sifat seorang pemimpin yang baik itu ada empat yakni tawasuth, tasamuh, tawazun dan amar ma’ruf nahi munkar.

Tugas seorang pemimpin secara umum adalah memberi petunjuk dan nasehat kepada kader, membina kader untuk meningkatkan pengetahuan dalam kepemimpinan, merintis, memberi bimbingan dan harus bisa memelihara kader.

Ilmu menjadi seorang pemimpin yang baik menurut Habib Umar bin Hafizh, kata dia, ketika dia berkesempatan bertemu dan bertanya kepada Habib Umar di Yaman.

“Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mempunyai adab yang baik, adab yang baik, sampai tiga kali disebutkan oleh Habib,” kata owner Apotek Bunda itu.

Seorang pemimpin tidak hanya bertanggung jawab kepada anggotanya, tetapi juga kepada Allah SWT atas apa yang dipimpinnya.

Materi kepemimpinannya bisa diunduh DI SINI

Kepemimpinan 

Diketahui, berhadir pada acara pelatihan tersebut Ketua PKK Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Pokja 1 PKK Kabupaten Banjar, Ketua PCNU Banjar yang diwakili oleh Bendahara Umum PCNU Kabupaten Banjar, Ustadz Muhammad HR, Ketua Pimpinan Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Murniati, Ketua GP Ansor Kabupaten Banjar, Muhammad Syafiie Rifqi, Ketua LDNU Kabupaten Banjar, Habib Ali Husein Al Aydrus, Ketua IPPNU Kabupaten Banjar, Zahratun Naimah, Ketua  PPLIPI, Hj. Elly Rose.

Foto peserta bersama pemateri
Foto peserta bersama pemateri

Ketua PC Muslimat NU Banjar, Hj. Samnat Farida berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membawa berkah serta manfaat dan membuahkan hasil yang memuaskan.

“Mudah-mudahan dalam proses belajar pada rangkaian acara pelatihan kepemimpinan ini dapat membawa berkah manfaat untuk kedepan dan dapat membuahkan hasil yang memuaskan,” harapnya.

Reporter : Rohmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *