Mei 27, 2024
Babinsa TNI AD saat melatih peserta PKD dan Diklatsar Ansor Kecamatan Martapura Timur

Babinsa TNI AD saat melatih peserta PKD dan Diklatsar Ansor Kecamatan Martapura Timur

ALBANJARI.COM, KAMPUNG MELAYU – Bintara Pembina Desa/Samudera/Angkasa (Babinsa) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Desa Antasan Senor, Martapura Timur Praka Anwar melatih peserta Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Banser Martapura Timur pada Sabtu (10/9).

Praka Anwar mengatakan posisi Ansor dan Banser sangat penting untuk menjaga NKRI, sama halnya dengan komponen cadangan (Komcad).

“Namun bedanya, kalo Komcad itu full dan resmi pendidikan militer, adapun Ansor sudah memiliki dasar-dasar kemiliteran, misalnya kalo ada masalah-masalah keagamaan, event-event keagamaan selalu turut andil,” ujarnya kepada kru Albanjari.com.

Mengenai peran Banser terhadap NKRI Praka Anwar mengatakan Banser merupakan salah satu benteng NKRI yang ikut memerdekakan Bangsa Indonesia.

“Peranan Ansor membuka pelatihan PKD adalah melatih anak-anak muda dalam hal  wawasan kebangsaan dan ideologi agar tidak belok-belok serta sesuai jalur yang benar,” ungkapnya.

Peserta PKD dan Diklatsar PAC Ansor Banser Martapura Timur, Muhammad Nor mengatakan dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Selama pelatihan mulai hari jum’at sampai hari ini banyak yang didapat, bukan hanya ilmu tapi juga relasi dan hal-hal yang belum diketahui,” bebernya.

Dia mengatakan sebelum mengikuti PKD dan Diklatsar ini dirinya tidak mengetahui sejarah mengenai Ansor,Banser dan perannya terhadap NKRI. Setelah mengikuti kegiatan ini dia baru mengetahui bahwa Ansor adalah banom NU dan garda terdepan Nahdlatul Ulama.

“Terkait masalah sejarah banyak yang sebelumnya ulun tidak ketahui sekarang banyak diketahui, khususnya tentang ke Ansoran, ke Banseran. Ansor ternyata adalah banom sekaligus garda terdepan Nahdlatul Ulama, sekaligus sebagai gerakan kepemudaan yang berakidah Ahlussunah Wal Jamaah,” ucapnya.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Martapura Timur, Muhammad Mulyanor berharap setelah kegiatan ini para peserta dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri,keluarga dan masyarakat sekitar.

“Harapannya setelah pelatihan ini bisa menjadi seorang Ansor Banser yang bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Martapura Timur, dalam acara ini berhadir Wakil Ketua PCNU Kabupaten Banjar, Hormani Mukhyar, Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Banjar, Habib Ali Husein Al Aydrus, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Banjar, Syafi’ie Rifqi, dan para tamu undangan lainnya.

Reporter: Anwar Syarif

Editor: Muhammad Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *