Mei 27, 2024
Haul Datu Bangkala. Foto-Albanjari.com/kontributor Cintapuri

Haul Datu Bangkala. Foto-Albanjari.com/kontributor Cintapuri

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Ribuan jamaah menghadiri peringatan haul Datu Bangkala di Desa Cintapuri, Kecamatan Cintapuri Darussalam, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/2/2023).

Setiap tahunnya, warga yang kebanyakan berasal dari dua kecamatan di Kabupaten Banjar, yakni Kecamatan Cintapuri Darussalam dan Kecamatan Simpang Empat menghadiri haul Datu Bangkala.

Peringatan haul Datu Bangkala tersebut, selalu dibarengi dengan memperingati Isra dan Mir’aj Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan setiap tanggal 27 Rajab.

Mereka mengenang jasa ulama yang diyakini hidup sezaman dengan ulama terkemuka di Tanah Banjar, Datu Sanggul dan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary atau Datu Kalampayan.

Tokoh Cintapuri H. Rusli, yang juga sebagai ketua panitia Isra mi’raj dan haul Datu Bangkala dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Isra Mi’raj dan Haul Datu Bangkala diadakan setiap tahun.

“Alhamdulillah, haul Datu Bangkala tahun ini bisa kita laksanakan terbuka untuk umum karena sebelumnya sempat dua tahun dilaksanakan secara tertutup yang hanya diadakan oleh masyarakat setempat karena adanya Copid-19,” ujar H Rusli.

makam datu bangkala
Warga berziarah ke makam Datu Bangkala. Foto-Kontributor Cintapuri

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan Maulid Habsyi, kemudian disambung dengan ceramah agama oleh Habib Muhammad Fahmi Al Muhdar dari Purbolinggo Jawa Timur dan Ustadz Muhammad Algifari dari Palangkayara.

Di sisi lain, acara Haul Datu Bangkala itu juuga menjadi keberkahan tersendiri bagi para pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam dagangan, mulai dari pakaian ringan, mainan anak-anak, bahkan ada yang hanya berjualan alas duduk dari plastik. Menariknya, para pedagang ini tidak hanya warga sekitar, bahkan ada yang datang dari Banjarbaru dan banjarmasin.

Ribuan jamaah yang hadir di acara tersebut berharap akan mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad dan juga mendapat keberkahan dari shohibul haul, Datu Bangkala.

Penulis: Kontributor Cintapuri, Fitriansyah

Editor: Muhammad Bulkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *