Juli 25, 2024

Albanjari.com, Martapura – Jarang sekali ada orang yang menolak diberi uang, apalagi dalam jumlah besar. Di antara orang yang jarang itu adalah Tuan Guru H. Muhammad Syarwani Abdan atau yang dikenal dengan Guru Bangil.

Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki (Ulama besr Makkah) pernah berkunjung ke Pondok Pesantren Datuk Kelampayan di Bangil Jawa Timur yang diasuh Tuan Guru H. Muhamad Syarwani Abdan.

Dalam kesempatannya itu Abuya Maliki –panggilan akrab Sayyid Muhammad- memberikan sekoper uang untuk Guru Bangil –Guru Muhammad Syarwani Abdan. Namun, rupanya sekoper uang tak membuat beliau berhasrat untuk memilikinya. Dengan halus, hadiah itu pun ditolak

Abuya Maliki tak tinggal diam. Beliau terus membujuk ulama yang pernah mengajar di Masjidil Haram itu agar mau menerima hadiah yang beliau bawa. Sebanyak bujukan, sebanyak itu pula penolakan yang beliau dapatkan.

Hingga akhirnya, Guru Bangil “menyerah”. Beliau kemudian mau menerima hadiah tersebut. Namun, hadiah tersebut langsung dibagikan beliau kepada para murid.

 

Penulis : Muhammad Bulkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *