Mei 28, 2024
Pembukaan Kongres IPPNU

Pembukaan Kongres IPPNU

ALBANJARI.COM, JAKARTA – Pimpinan Cabang  Ikatan (PC) Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Banjar menghadiri Kongres IPPNU XIX di Pondok Gede sebagai ajang Silaturrahmi dan menambah relasi serta sumber inspirasi, Minggu (14/8).

Dikatakan oleh Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Banjar, Zahratun Naimah, kongres ini selain sebagai forum musyawarah, juga untuk merekatkan silaturrahim dari berbagai daerah di Indonesia.

“Semoga apapun yang disepakati di forum musyawarah itulah hal yang terbaik dan bisa di jalankan oleh semua kader IPPNU di Indonesia bahkan di dunia,” ujar Naimah.

Kongres ini, sambungnya merupakan momentum banget untuk semua kader IPPNU se Indonesia terkumpul sekaligus ajang silaturrahmi tiga tahun sekali.

“Banyak relasi dan inspirasi dari mereka, semoga IPPNU Kabupaten Banjar yang datang mewakili kongress disini bisa membawa oleh-oleh ilmu dan  manfaat terhadap organisasi IPPNU di daerah nanti,” katanya.

Naimah merasa sangat bersyukur bisa menghadiri kongres tahun ini, dia bersama empat rekanita yang lainnya yaitu Melinda Nursabrina Almadantie, Sekretaris PC IPPNU Banjar, Dinda Mardiana,  Bendahara PC IPPNU Banjar,  Rizqa Fitria, Wakil Ketua Seni Budaya PC IPPNU Banjar.

“Alhamdulillah sangat-sangat senang bisa ikut kongres di Jakarta Selatan tepatnya di Asrama Haji Pondok Gede, walau ada kendala di perjalanan ada yang mabuk perjalanan karena macetnya jakarta, yang awalnya estimasi 2 jam sudah sampai, ternyata 4 jam baru sampai ketempat acara,” beber Naimah.

Senada, Ketua PW IPPNU Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Hikmah mengatakan kongres IPPNU ke XIX dilaksanakan pada hari Jum’at hingga Senin tanggal 12-15 Agustus 2022 bertempat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta yang bertema Bersama Pelajar Putri, Bersama Pulih Kembali  sangatlah meriah dan semangat.

“Sesuai slogan yang diangkat yaitu Kongres Full Senyum dengan dihadiri atas perwakilan dari 27 Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU dan 319 Pimpinan Cabang (PC) IPPNU dari seluruh Indonesia,” ungkap Hikmah.

Kegiatan ini, kata dia, adalah momen yang ditunggu-tunggu selain sebagai ajang silaturrahmi juga harapan dengan dihasilkannya keputusan-keputusan besar dari hasil Kongres ini untuk kemajuan IPPNU kedepannya dan bisa dibawa pulang untuk diterapkan didaerah.

Rombongan IPPNU se-Kalimantan Selatan
Rombongan IPPNU se-Kalimantan Selatan

“Harapan kami apapun hasilnya nanti itu pasti untuk kemajuan IPPNU dan kebaikan kita semua,” harap ketua PW IPPNU Provinsi Kalimantan Selatan itu.

“Untuk pemilihan ketua sendiri, nanti ada 3 kandidat Ketua Umum PP IPPNU yaitu Whasti Velasufah, Nurul Afifah Marwati, Khairatul Ni’amah,” tambahnya.

Sementara itu, kata Hikmah untuk proses Kongres sendiri berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof Muhammad Mahfud MD dan dihadiri oleh Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf,” terangnya.

Rangkaian Acara

Setelah pembukaan pada Jumat (12/8/22), acara dilanjutkan dengan Studium General  Aku Muda Cinta Indonesia oleh Wakil DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar dan dilanjutkan Sidang Pleno 1 pembahasan dan pengesahan Tata Tertib Kongres XIX IPPNU 2022.

Pada Sabtu, (13/8/2022) kegiatan berlanjut dengan sidang-sidang komisi dari pukul 08.00 pagi hingga  pukul 18.00 WIB.

Setelah itu, para peserta mengikuti kegiatan diskusi panel bertema Mempertegas Kepeloporan Pelajar dalam mewujudkan Cita-cita Pembangunan Bangsa oleh Menteri Ketenagakerjaan dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Selanjutnya, Pleno II dan III yaitu pengesahan hasil sidang Komisi dan Laporan Pertanggungjawaban PP IPPNU masa khidmat 2018-2022.

Kegiatan Minggu (14/8/2022) diawali acara IPPNU Fashion Show Batik Nusantara. Kemudian diskusi panel bertema Pelajar dan Green Digital Ekonomi dengan pemateri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI Usman Kansong, Kepala BPSDM Kementerian ESDM, dan Siberkreasi Yosi Mokalu.

Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak yaitu pemilihan ketua umum dalam pembahasan pleno IV : Pemilihan Ketua Umum PP IPPNU masa Khidmat 2022-2025 dan lanjut ke acara penutupan Kongres

Pada hari Senin (15/8/2022) adalah perpisahan dengan tema Sayonara Keluarga IPPNU se Indonesia sekaligus waktu kepulangan peserta.

Reporter : Rohmiah

Editor : Muhammad Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *