Mei 27, 2024
Kegiatan literasi membaca buku selama 30 menit, dalam rangka memperingati Hari Literasi internasional, foto-Albanjari.com

Kegiatan literasi membaca buku selama 30 menit, dalam rangka memperingati Hari Literasi internasional, foto-Albanjari.com

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nur Rahman dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nur Rahman yang beralamatkan di Jalan veteran, RT 38 Kelurahan Keraton, Martapura menggelar Festival Literasi Millenial dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional dengan tema Transforming Literacy Learning Spaces (Transformasi Ruang Belajar Literasi), Kamis (8/9).

Ketua Organisasi Intra Madrasah (OSIM) MTs Nur Rahman, Muhammad Edi Permana mengatakan terlaksana nya kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional.

“Saya sangat bangga terhadap kinerja para panitia, sehingga acara ini dapat terselenggara,”

Edi mengatakan pihaknya berterima kasih kepada dewan guru dan rekan-rekannya yang telah membantu dalam kegiatan ini.

“Dan juga terima kasih kepada bapak ibu guru dan rekan-rekan sekalian, karena sesungguhnya tanpa adanya dukungan kalian semua acara ini tidak dapat terselenggara,” ujarnya.

Syukur alhamdulillah, sambungnya, pada tahun ini kita dapat melaksanakan Festival Literasi Millenial dalam rangka Hari Literasi Internasional dengan tema Transformasi Ruang Belajar Literasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan dan mengembangkan insan-insan literat sepanjang hidup melalui ekosistem literasi yang dibangun dalam gerakan literasi madrasah,” harapnya.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan, Ahmad Zahid Ilmi, membeberkan rangkaian acara Festival Literasi Millenial ini dikemas dengan Seminar Motivasi Literasi, literasi 30 menit membaca buku bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banjar, pemutaran Film Pendek Produksi OSIM MTs Nur Rahman, lomba mading 3D dan expo serta Market Day.

“Perlu kami sampaikan pula kegiatan yang dilaksanakan hari ini tidak hanya diikuti oleh siswa MTs Nur Rahman tetapi juga oleh siswa MIS Nur Rahman dari kelas 5 sampai kelas 6,” katanya.

Ahmad Zahid mengatakan, kegiatan ini selaras dengan tujuan gerakan literasi madrasah, yaitu untuk menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti siswa agar menjadi insan yang literat sepanjang hidup melalui ekosistem literasi yang dibangun dalam gerakan literasi madrasah.

Seminar literasi, menghadirkan sekretaris LTN NU Banjar, Ustadz Yunizar
Seminar literasi, menghadirkan sekretaris LTN NU Banjar, Ustadz Yunizar Ramadhani

“Harapan kami melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca dan juga dapat meningkatkan keterampilan menulis serta keterampilan lainnya,” jelasnya.

Dia berharap mudah-mudahan rangkaian kegiatan kita hari ini dapat berjalan lancar dan sukses serta ke depannya dapat membangkitkan budaya literasi.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi tonggak bagi kebangkitan insan milenial yang mencintai budaya literasi,” harapnya.

Tema kegiatan acara literasi MIS Nur Rahman dan MTs Nur Rahman ini adalah Transforming Literacy Learning Spaces (Transformasi Ruang Belajar Literasi).

Bertempat di halaman Madrasah Nur Rahman, kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa MTS Nur Rahman dan Siswa kelas 2 sampai kelas 6 MIS Nur Rahman.

Adapun narasumber pada acara Seminar Literasi Millenial adalah Ustadz Yunizar Ramadhani yang merupakan Sekretaris LTN NU Kabupaten Banjar.

Reporter : Rohmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *