Juni 10, 2024
Institut Agama Islam Darussalam Martapura

Albanjari.com, Martapura – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Martapura lantik pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) masa bakti 2023-2024 sebagai baru di Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Setelah prosesi pelantikan, kegiatan berlanjut dengan seminar hukum yang mengangkat tema Sistem Demokrasi di Indonesia Menurut Prespektif Hukum Islam, Senin (25/12/2023).

Muhammad Syafiq, Wakil Dekan Fakultas Syariah Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan tujuan dari dilaksanakannya seminar ini adalah untuk mengenalkan kembali dan mengingatkan bahwa dalam sistem demokrasi itu ada tatanan yang harus diikuti.

“Jangan sampai dalam demokrasi itu saling balapan atau saling sikut,” ujarnya.

Kegiatan seminar ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Syariah yang bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Banjar dan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banjarmasin. Acara ini berlangsung di Auditorium K.H. Badruddin, dari pukul 09.00 WITA dan berakhir pada pukul 15.30 WITA.

Muhammad Syafiq menjelaskan, kegiatan seminar hukum yang mengangkat isu Demokrasi menurut perspektif hukum Islam ini memiliki keterkaitan yang erat usai diresmikannya Senat Mahasiswa sebagai lembaga legislatif di dalam Fakultas Syariah. Ia juga menjelaskan, sebelum didirikannya Senat Mahasiswa, Fakultas Syariah sudah memiliki Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) dan Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam (HMP HKI).

“Di sini ada keterkaitan, di mana sistem demokrasi itu ada yang namanya legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Dan kebetulan pada pelantikan kali ini dari Fakultas Syariah ada mendirikan yang namanya Senat Mahasiswa sebagai legislatif, kemudian yang sebelumnya kita ada Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah  sebagai eksekutifnya, serta yang di bawahnya lagi seperti HMP HKI,” jelasnya.

Selain Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dan Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam (HMP HKI) resmi dilantik langsung oleh Dekan Fakultas dan Kaprodi, Hj. Lusiana dan Muhammad Syarif Dibaj. Fakultas Syariah juga kukuhkan pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Syariah.

“Dan juga untuk alumninya ada IKA atau Ikatan Keluarga Alumni  Fakultas Syariah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelantikan ini dihadiri sekitar 100 orang yang tergabung dari anggota Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam, Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah, Senat Mahasiswa, Dosen Fakultas Syariah dan tamu undangan.

Reporter: Anwar Syarif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *