Mei 27, 2024
Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah oleh MWCNU Bajuin

Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah oleh MWCNU Bajuin

ALBANJARI.COM, TANAHLAUT – Majelis Wakil Cabang Nadhlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut mengadakan pelatihan penyelenggaraan jenazah pada Senin (26/9/2022) kemarin.

Mardiannor, Wakil Sekretaris MWC NU Bajuin mengatakan pelatihan penyelenggaraan ini mendapat antusiasme dari masyarakat.

“Antusias peserta yang mau ikut banyak, karena terbentur anggaran makanya nanti diolah beberapa gelombang kegiatan,” ujarnya saat dihubungi Albanjari.com via Whatsapp.

Dia mengungkapkan peserta kegiatan ini berasal dari perwakilan pengurus Rukun Kematian Desa yang ada di Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut.

“Pesertanya 60 orang, 51 perwakilan dari pengurus Rukun Kematian dari desa-desa se-Kecamatan Bajuin dan 9 orang dari penyuluh agama se-kecamatan Bajuin,” kata Demisioner Ketua PK IPNU Darussalam tersebut.

Senada dengan Mardiannor, Wakil Ketua MWC NU Bajuin yang juga sebagai ketua panitia penyelenggara Muhammad Amin mengatakan, awalnya kegiatan ini akan diikuti oleh bapak-bapak dan ibu-ibu. Namun karena antusiasme warga begitu tinggi untuk mengikuti pelatihan penyelenggaraan jenazah dan karena terbentur anggaran kegiatan ini, maka pihaknya membagi menjadi beberapa gelombang.

Praktek memandikan jenazah
Praktik memandikan jenazah

“Gelombang pertama bapak-bapak dulu, baru gelombang kedua Ibu-ibu, dan selanjutnya remaja,” katanya.

Camat Bajuin, Sahriyanur dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat. Pasalnya, dirinya mengaku tertegun saat pernah melihat penyelenggaraan jenazah di Kecamatan Bajuin.

“Terus terang, ketika ada masyarakat yang meninggal, saya melihat yang mengurus jenazah itu masih banyak yang sudah berumur dan orangnya itu-itu saja. Makanya, kami dukung dan siapkan sarana pelatihan di kantor kecamatan ini,” ujar Camat Bajuin yang akrab disapa Sahri.

Sahri menambahkan, pihaknya akan berupaya terus memberikan dukungan bagi masyarakat Bajuin dalam melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Dengan adanya kegiatan ini, sambung camat, pihaknya sangat mendukung. Mulai dari menyediakan fasilitas maupun bantuan dana.

“Dengan harapan ke depannya semakin banyak orang mau menyelenggarakan jenazah,” harapnya.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Bajuin, Ketang Subagio mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud sinergi pihaknya bersama pemerintah.

“Atas dukungan dari pihak kecamatan, kami melihat inilah wujud harmonisasi antara ulama dan umara,” ujar Ketang.

Menghadirkan ulama sepuh Tanah Laut, Tuan Guru H. Muhammad Asan dalam kegiatan ini berhadir Ketua PCNU Tanah Laut, H Jamaluddin, anggota DPRD Tanah Laut Joko Pitoyo dan beberapa kepala desa se-Kecamatan Bajuin.

Editor: Muhammad Abdillah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *