Mei 27, 2024

ALBANJARI.COM, MARTAPURA – Tahun baru 2023 mungkin sudah berlalu tadi malam tepatnya pada pukul 23.59 waktu setempat. Berbagai kegiatan dari yang bernilai religi seperti muhasabah akhir tahun hingga kegiatan berkumpul bersama orang terdekat sudah menjadi tradisi di negeri kita.

Dalam hal ini, Habib Ali Husein Al Aydrus Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Banjar dan juga sebagai Ketua Rijalul Ansor Kabupaten Banjar, mengingatkan pentingnya refleksi di akhir tahun sebagai momen untuk melihat berbagai keberhasilan yang bisa diraih dan kegagalan yang sudah dirasakan.

“Keberhasilan patut untuk diapresiasi oleh diri sendiri. Selain mempertahankan, juga untuk lebih meningkatkan pencapaian yang positif,” ujarnya pada Sabtu (31/12/22) malam.

Habib Ali mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika berada di akhir tahun, yaitu refleksi akhir tahun agar dapat melihat seberapa banyak yang sudah kita capai selama 1 tahun ke belakang.

”Ada beberapa hal yang harus kita lakukan di akhir tahun, atau biasanya refleksi akhir tahun, kalau ujar urang banjar tu mehahar tapih. Melihat kebelakang salam setahun kira-kira pencapaian apa saja yang sudah kita lakukan,”

“Bila hal yang positif kita catat, kita apresiasi untuk diri kita, kemudian kita pertahankan untuk tahun depan, dan bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan tersebut,” kata Ketua LDNU Kabupaten Banjar tersebut.

Bukan hanya keberhasilan, Habib Ali juga mengingatkan kegagalan juga harus menjadi pelajaran bagaimana caranya agar tidak terulang, sehingga kita fokus untuk memperbaikinya.

“Kegagalan kita, hendaknya kita analisa, kita pelajari, kita lihat kenapa jadi gagal. Kegagalan itu kita tekadkan jangan sampai terulang di tahun depan, jadi kita harus fokus bagaimana memperbaiki kegagalan agar mendapatkan keberhasilan,” pungkasnya

Reporter : Anwar Syarif

Editor: Muhammad Abdillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *