Juni 12, 2024

Haul Pendiri Pesantren Ishlahul Aulad, Tuan Guru Ahmad Bustani. Foto-Istimewa.

ALBANJARI.COM, TATAH MAKMUR – Pesantren Ishlahul Aulad, Desa Pemangkih Baru, Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar menggelar peringatan haul Tuan Guru Ahmad Bustani bin Asnawi yang ke-17, Sabtu (15/10) kemarin.

Peringatan haul yang dikemas sekaligus peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW tersebut banyak dihadiri para ulama dan habaib. Di antara tokoh ulama yang hadir, Habib Ali Al Aydrus, pengasuh Ponpes Al Mursyidul Amin Guru Rasyid Ridha, pengasuh Majelis Ta’lim Nurussholihin Tuan Guru Ahmad Supian.

Peringatan haul tersebut diawali dengan pembacaan maulid Simthuddurar oleh santri putra Ishlahul Aulad. Pembacaan maulid ini dipimpin Ustadz Ahmad Kailani. Usai pembacaan maulid, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al Qur’an dan ziarah bersama yang dipimpin Habib Ali Al Aydrus.

Peringatan haul kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib Shohibul haul oleh Tuan Guru Fakhrurrazi Bustani dan ceramah oleh Tuan Guru Ahmad Supian.

Untuk diketahui, Tuan guru Ahmad Bustani bin Asnawi adalah ulama kelahiran Amuntai, tepatnya di Kampung Kaludan pada Senin 7 Juni 1941. Riwayat pendidikan formal beliau berawal di Sekolah Rakyat pada 1 Agustus 1949, yakni ketika berusia 7 tahun.

 

Pesantren Ishlahul Aulad
Pendiri Pesantren Ishlahul Aulad, Tuan Guru Ahmad Bustani. Foto-Istimewa.

Setelah lulus Sekolah Rakyat, Guru Ahmad Bustani kemudian meneruskan ke Sekolah Normal Islam di Amuntai. Kurang lebih 3 tahun beliau menimba ilmu di sekolah tersebut.

Sekira umur 16 tahun, Guru Bustani kemudian melanjutkan sekolah ke Martapura, dan lulus pada usia 21 tahun.

Guru Bustani kemudian bermukim di Pemangkih Baru. Di desa tersebut, beliau membangun Pondok Pesantren Ishlahul Aulad pada tahun 1985. Seiring dengan semakin berkembangnya pesantren tersebut, nama Guru Bustani semakin dikenal di masyarakat.

Guru Bustani wafat di usia 64 tahun, dan dimakamkan di desa Pemangkih Baru.

Kontributor: Hifni
Editor: Muhammad Bulkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *